IHT adalah pelatihan internal sekolah untuk meningkatkan kompetensi Pendidik dan Tenaga Pendidik. Materi IHT kali ini adalah Implementasi Kurikulum Merdeka dalam membentuk profil pelajar Pancasila “Merdeka Belajar, Merdeka Mengajar”.
Kegiatan ini sangat diperlukan untuk diberikan kepada pendidik dan tenaga kependidikan sebagai bagian pendidikan berkelanjutan. Hal ini pun sangat dibutuhkan untuk menjaga kualitas Proses Belajar Mengajar (PBM) dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka serta untuk memaksimalkan kompetensi yang mereka miliki dengan yang mereka hadapi dalam bekerja.
Selasa s.d Rabu, 19 s.d 20 September 2023 Bertempat di Ruang Guru MTs Assa’idiyyah, pada hari pertama dilaksanakan dengan materi IHT Implementasi Kurikulum Merdeka dan penyusunan perangkat pembelajaran, adapun materi hari kedua adalah refleksi dan implementasi dengan unjuk kerja pendidik dalam penyusunan perangkat pembelajaran. Kegiatan IHT ini dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan Potensi dan kompetensi Pendidik dalam menerapkan Kurikulum Merdeka yang akan dilaksanakan pada tahun pelajaran 2023/2024. Kegiatan ini menghadirkan narasumber KABID Pendidikan YPI Assa’idiyyah ibu Dra. Hj.Ela Suhaela, M.Ag, Pengawas Pembina Drs. S. Hidayat, M.Pd. dengan peserta Kepala Madrasah, seluruh pendidik di unit MTs Assa’idiyyah.
Tujuan dari Kegiatan In-House Training (IHT) ini adalah peserta mampu dan bisa menerapkan filosofi pembelajaran yang memerdekakan, profil pelajar Pancasila, dan implikasinya dalam pembelajaran.
Setelah mengikuti IHT, peserta diharapkan mampu merefleksikan pembelajaran kurikulum merdeka.
- Mengidentifikasi komponen kerangka kurikulum dan peranan pemangku kepentingan dari tingkat pusat sampai satuan pendidikan dalam menciptakan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik;
- Mengidentifikasi rasional, tujuan dan elemen capaian pembelajaran pada berbagai matapelajaran yang diampu, mengaitkan peranan capaian pembelajaran sesuai dengan tingkat pencapaian siswa (kebutuhan, kecepatan, dan gaya belajar sesuai dengan fase perkembangan anak);
- Mengidentifikasi keterkaitan antara profil lulusan dengan visi dan misi sekolah, program dan pembelajaran di kelas, menginvestigasi sumber daya dan tantangan wilayahnya untuk merancang Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada satuan pendidikan;
- Menerapkan prinsip penyusunan alur tujuan pembelajaran (ATP) dan modul ajar dalam pengembangan ATP dan modul ajar serta sumber belajar yang dibutuhkan untuk mendukung penerapannya;
- Menggunakan TIK dalam bidang pendidikan dan pembelajaran, cara mengakses platform digital, platform sumber daya sekolah, platform guru, dan platform rapor pendidikan.
Kegiatan IHT berjalan dengan baik. Semoga dengan IHT Kurikulum Merdeka bapak/ibu guru MTs Assa’idiyyah dapat mengimplementasikan Kurikulum Merdeka dan tersampaikan kepada para peserta didik dengan maksimal.
No responses yet